Pengertian Sukses


Orang yang sukses adalah
orang yang sudah memiliki satu jalan, dan terus fokus
pada jalan itu. (Andrew Carnegie)


        Salam semangat, Sahabat. Apa kabar? Semoga anda semua dalam kondisi sehat, semangat  dan tetap diberkahi Allah yang terjadi, tidak ada alasan bagi kita untuk berputus asa Kali ini saya ingin mengulas tentang keberanian kita untuk bermimpi, keberanian untuk meraih kesuksesan. Ya, mengapa harus keberanian? Barangkali ada yang bertanya-tanyaa mengapa harus membahas tentang keberanian. Jawabannya karena keberanian adalah kekuatan. Tak terbilang kisah sukses dari orang-orang hebat di dunia ini. Banyak prestasi yang lahir dari orang-orang hebat yang memiliki keberanian untuk bermimpi.

      Bicara soal mimpi, kira-kira apa yang menjadi mimpi para sahabat sekalian? Apa pun mimpi yang Anda inginkan pasti semua bermuara pada kesuksesan. Ya, kesuksesan. Siapapun orangnya, pasti mengharapkan kesuksesan. Semua orang ingin sukses, semua orang ingin bahagia.

        Suatu ketika, saya sempat bertanya kepada sal satu santri di tempat saya mengabdi, namanya Alifia " apakah yang kamu cita-citakan, Alifia?"

“Saya pengin sukses, Ustadz,” singkat jawabnya dengan nada optimis. Jawabannya tidak keliru, justru menciptakan diskusi yang cukup menarik bagi kami. Anak seusia dia saja punya cita-cita ingin sukses. Kadang saya jadi malu sendiri ketika dulu masa-masa sekolah saya masih bingung dengan cita-cita saya. Sebenarnya definisi sukses itu yang bagaimana? Masih banyak di antara kita yang mungkin belum jelas tentang definisi sukses yang diinginkan.

        Sahabat yang penuh semangat, kembali lagi pada topik awal kita tentang berani bermimpi, berani sukses. Bagi sebagian orang, sukses itu bermacam-macam bentuknya dan memiliki arti dari sudut pandang masing-masing. Masih kata Alifia santri asal Pekalongan yang kini masih aktif menimba ilmu di pesantren tempat saya mengabdi—bahwa sukses baginya adalah bagaimana dia bisa meraih apa yang dia cita-citakan, di antaranya memperoleh nilai terbaik di kelas dan mampu menyelesaikan target hafalan (tahfidz) selama di pondok. Subhanallah, saya salut padanya. Definisi sukses baginya begitu sederhana, tapi bagi saya itu luar biasa untuk ukuran seorang remaja seukuran dia.

Sukses adalah sebuah pencapaian yang sudah diniatkan,
diraih dengan kerja keras, kerja cerdas, diiringi
dengan komitmen tinggi dan keberanian menghadapi
proses yang terkadang berliku.
(Mas Odjie)

***


        Seorang penjual Pecel Lele yang berhasil memiliki omset ratusan juta rupiah semula hanya seorang pedagang kecil di salah satu sudut Kota Jakarta. Tapi, kini namanya menjadi begitu fenomenal setelah memiliki puluhan cabang outlet pecel lele di berbagai kota di Indonesia. Ya, Sahabat semua pasti kenal dengan pengusaha yang satu ini, Mas Rangga Umara, inspirator-motivator bisnis di dunia kuliner yang cukup sukses. Itulah contoh sosok yang saya anggap berhasil dan menjadi bagian dari sukses yang sebenarnya.


         Ketiaka kita mampu menghadirkan angan-angan kita menjadi nyata, bisa dirasakan dan terlihat serta memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain, itulah kesuksesan. Tidak masalah jika angan-angan itu diperoleh dari inspirasi orang lain, selama itu sesuai dengan hati kita. Asalkan jangan menjadikan orang lain sebagai sosok penentu bagi kesuksesan kita, karena penentu utama dari kesuksesan itu adalah diri sendiri. Itulah sukses pribadi yang sebenarnya.

          Setiap orang yang sukses selalu saja memiliki proses perjalanan yang berliku hingga mencapai apa yang mereka inginkan. Mereka tentu saja memiliki keyakinan besar pada apa yang mereka inginkan. Salah satu langkah awal yang dilakukan adalah berani untuk bermimpi. Yups, berani bermimpi. Sekali lagi berani bermimpi. Bagaimana dengan Anda? Seberapa beranikah Anda bermimpi? Masih adakah yang malu atau bahkan takut bermimpi? Jika iya, saya harap setelah buku sederhana ini Anda baca, nanti akan menjadi awal bagi anda untuk tidak takut bermimpi.

         Saat kita merasa kenyamanan diri yang diperoleh dari terwujudnya angan-angan kita, saat itulah sukses mulai terbentuk. Dan, saat kenyamanan itu sudah benar-benar melebihi kebutuhan kita, yang terjadi adalah kesuksesan pribadi yang membuat kita memiliki waktu untuk masa depan lebih bahagia.

        Sebagian sahabat saya di beberapa kesempatan mengatakan bahwa sukses adalapilihan. Pilihan untuk hidup lebih baik, lebih bahagia, lebih bernilai dan bermanfaat bagi sesamanya. Lantas, bagaimanakah kita bisa meraih sukses yang kita inginkan? Jawabnya insya Allah dapat kita temukan pada lembar-lembar yang lain.

        Sumber : Anonim

0 komentar: